Sunday, August 17, 2008

BERBICARA DENGAN CALON PRESIDEN TAHUN 2029

Kemarin, tepatnya tanggal 4 agustus 2008 kira-kira pukul 15.30 WIB. Saya diberi pelajaran oleh seorang anak calon presiden yang Indonesia. Usianya masih antara 10-11 tahun.dan masih duduk di bangku SD kelas IV.dipinggir jalan itu tepatnya di jalan HM Joni ( depan rumah kedai tetangga saya) sepintas saya duduk di depan sambil memikirkan tugas yang harus saya siapkan dalam minggu ini yaitu laporan magang. Diselah-selah waktu saya untuk bersantai sejenak.itung-itung juga cari inspirasi, kadang-kadang ngitungin jenis kendaraan yang lewat.( maklum untuk cari hal-hal baru emang sih kadang-kadang konyol ).sekali-kali sambil ngeliatin yang aneh-aneh…( orang kan beda-beda bentuk dan perilakunya… sehingga kadang mereka menonjolkan yang lucu,unik, dan aneh bin ajaib tanpa disengaja)

Sambil liat-liat , ada anak kecil yang menghampirin sambil muka senyam-senyum( gak tau alasannya senyam-senyum)

Aku tanyain aja “ Dek Kok senyam-senyum, ada yang aneh” bukan jawab malah cengar-cengir “ dasar” batinku.
Sambil duduk dia ngomong “ kendaraan kok gak perna berkurang ya bang?”sambil nanya kayak udah akrab banget tuh… he.he….
Ya aku jawab aja “ kayaknya dek orang miskin makin berkurang, jadi orang kaya makin bertambah”.
Lalu dilanjutkan dengan percakapan antara aku dan dia.
Dia bertanya lagi,
Dia : kok gitu bang, kata guruku aja indonesia lagi dijajah ama kebodohan dan
kemiskinan
Aku : mungkin justru itulah dek... knapa kenapa kendaraan makin bertambah banyak.
Biar ngilangin gambaran gambaran indonesia banyak yang miskin.
Dia : Tp masih bodohkan.... bukannya tinggal di rumah aja. Kan enak gak perlu
panas- panas kayak aku nyanyi dari pintu ke pintu mobil.
Dia : klo aku ketemu pak presiden dijalan, maunya kusuruh turun dia dari mobilnya...
sambil kuajaklah dia ngamen.. biar tau cemmana susahnya jadi pengamen.
Aku : wah betul juga usul kau tuh dek.naik angkot kesana kita dek... (sambil bercanda)
Dia : ”hari gini masih percaya sama pemerintah capek deh”... sambil menunjukkan wajah kesalnya.
Aku : ” Kenapa dek ? kayaknya kau benci kali ama mereka” sambil senyum-senyum....
Dia : iyalah.. bang. Kek mana gak gondok. Mau sekolah aja harus kerja.itupun nunggak-nunggak bayarnya.
Aku : adek tau wajib belajar 9 tahun ?
Dia : alahh... gak ada tuh bang. Pandainya Cuma ngomong aja.kalo betulnya cakap dia tuh... ngapainlah aku susah-susah aku ngamen di lampu merah.
Aku : adek betul-betul pengamen, biasa ngamen dimana ?
Dia : iyalah bang..biasa aku ngamen di jalan juanda” aku diam sambil ngeliatnya dalam hati aku ngomong..presiden sekalipun masih kalah ama anak ini, semangatnya tinggi, pantang menyerah dan serta semangat belajar sangat besar.
Aku : orang tua adek kerja dimana ?
Dia : Sekarang aku tinggal berdua sama mamak aku bang..bapakku gak ada lagi semenjak aku SD kelas 2.
Aku : Maaf ya dek... jadi apalah cita-cita adek sekarang?
Dia : presiden bang ...
Aku : kenapa kau pilih jadi presiden, kan calon presiden sekarang banyak,lagian kau udah lebih hebat dari seorang presiden sekalipun.
Dia : aku gak mau gini terus bang... tiba-tiba datang kawannya ngajakin pergi....
Aku : ya udah terserah kaulah dek... kutunggu kau jadi presiden di tahun 2029.
Dia : siplah bang.... abang tengok aja nanti. Sambil dia pergi karena kawannya datang ( sepertinya kawan seprofesinya )

Sahabat ngennet ternyata gak sia-sia aku duduk di depan rumah kedai tetangga. Pelajaran dan pengalaman orang lain baru aja kudapatkan dan diberi kesempatan berbicara sama calon presiden Indonesia tahun 2029
Tetap semangat dan terus berkarya
Senang sekali jika generasi anak indonesia punya semangat seperti dia ( sahabat ngennet dari awal pembicaraan dan akhirnya pembicaraan saya gak tau siapa nama calon presiden 2029 itu.tetapi dengan jelas masih kuingat wajah nya yang penuh semangat berkobar.
Satu kalimat dari saya untuk anak itu ”
” Terima kasih calon nomor satu di indonesia yang telah mengajarkan arti semangat yang tinggi, perjuangan dan kesempatan”.

1 comment:

  1. Tahun 2029 Indonesia masih ada nggak ya? Salam dari admin www.presidenindonesia.co.cc

    ReplyDelete

Statistik

Traffic Rank :
Counter :  free web counter Counter Powered by  RedCounter
dns failure
Stats :
Total Artikel :
Page Rank