Sunday, March 11, 2012

Antara Elgamal dan DES


Lama sudah tak pernah update ini blog, hmmm.. daripada bengong mending posting saja apa yang dulu sudah pernah menjadi tugas semasa kuliah…. kriptografi… hai ada yang pernah dengar ilmu ini…? coba ingat-ingat waktu dulu mengikuti PRAMUKA, pasti akrab bukan dengan yang namanya sandi MORSE, sandi RUMPUT, sandi KOTAK, sandi CINA, nah.. itulah kriptografi atau bisa dibilang “penyandian”.

Metode penyandian pertama kali dibuat masih menggunakan metode algoritma rahasia. Metode ini keamanannya bertumpu pada kerahasian algoritma yang digunakan. Namun metode ini tidak efisien saat digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang, akibatnya seseorang harus membuat algoritma baru apabila akan bertukar informasi rahasia dengan orang lain.

Karena penggunaannya yang tidak efisien maka algoritma rahasia mulai ditinggalkan dan dikenalkan suatu metode baru yang disebut dengan algoritma kunci. Berdasarkan kunci yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi, kriptografi dapat dibedakan lagi menjadi kriptografi kunci simetris (symmetric-key cryptography) dan kriptografi kunci asimetris (asymmetric-key cryptography).

Data Encryption Standard (DES) merupakan salah satu jenis sistem kriptografi simetris yang paling banyak digunakan di dunia dan telah diadopsi oleh NIST (National Institute of Standards and Technology) sebagai standar pengolahan informasi Federal AS. Sedangkan Algoritma ElGamal merupakan salah satu algoritma kriptografi kunci publik (asimetris) yang ditemukan oleh seorang ilmuwan Mesir Taher ElGamal pada tahun 1985. Kekuatan dari algoritma ElGamal ini terletak pada sulitnya menghitung logaritma diskrit.

Kedua algoritma (DES dan ElGamal) tersebut mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Itulah sebabnya, mengapa selama 20 tahun algoritma DES dipakai sebagai standar nasional enkripsi data dan masih digunakan sampai saat ini walaupun telah ditemukan algoritma sejenis yang dianggap lebih baik. Sedangkan algoritma ElGamal adalah salah satu dari algoritma kriptografi kunci-publik yang dapat menjadi alternatif karena beberapa dari algoritma tersebut memp unyai kontribusi yang luar biasa dibandingkan dengan sistem kriptografi simetris. Kontribusi yang paling penting adalah tanda-tangan digital (Digital Signature) pada pesan untuk memberikan aspek keamanan otentikasi, integritas data, dan nirpenyangkalan. Digital Signature Standard yang diadopsi pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1994, merupakan sebuah mekanisme penyandian yang berdasar pada algoritma ElGamal.

Implementasi kedua algoritma dapat di coba menggunakan aplikasi yang telah saya buat (skrinsut bisa lihat di bawah) menggunakan Delphi 6. Aplikasi hanya dapat meng-enkripsi teks saja, dengan harapan keluaran cipherteks yang di hasilkan akan lebih mudah dipahami.

download aplikasinya disini


skrinsut untuk implementasi algoritma DES


skrinsut untuk implementasi algoritma Elgamal

Tunggu posting selanjutnya untuk mempelajari step by step kedua algoritma, dan untuk membandingkan hasil antara enkripsi yang dilakukan menggunakan otak kita dengan menggunakan aplikasi ini…

Bagi yang butuh source code nya, silahkan pesan melalui kolom komentar di bawah, nanti akan saya kirim via e-mail, GRATISSS….

9 comments:

  1. mas.. tolong saya dikirimin sc elgamal dan des beserta penjelasan-nya donk.. saya kebetulan sedang mengerjakan TA mngenai kedua teknik kripto ini.. makasih mas.. :)

    salam,

    thathatha_90@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. selamat malam gan boleh bagi sc elgamal dan des beserta penjelasannya... terima kasih gan sebeumnya ^^

    ivan.zoeboe@gmail.com

    ReplyDelete
  3. malam mas..saya dikirimi source code'a aplikasinya.. terima kasih sebelumnya..

    chimenk91@gmail.com

    ReplyDelete
  4. boss minta SC sama penjelasannya dong
    mkasi

    dzaenudin007@gmail.com

    ReplyDelete
  5. mlam gan, boleh minta sc utk aplikasi diatas skalian pnjelasanny.. mksi gan
    nourah92@ymail.com

    ReplyDelete
  6. Tolong bagi source codenya ya...

    Makasih...

    ReplyDelete
  7. gan minta source code buat pembelajaran.. ne email ane : arief.keyen03@gmail.com

    ReplyDelete
  8. mas boleh minta source codenya,butuh banget untuk tugaas.. ini email saya mia.syahrani@gmail.com

    ReplyDelete

Statistik

Traffic Rank :
Counter :  free web counter Counter Powered by  RedCounter
dns failure
Stats :
Total Artikel :
Page Rank