Sunday, December 28, 2008

Kita memakai SOFTWARE BAJAKAN!!

Selamat Membaca.
(udah gw test, dengan kecepatan normal, ngebaca tulisan ini sampe abis membutuhkan 8-15 menit)

Barusan penulis membaca salah satu artikel yang menurut penulis sich sangat MENARIK untuk diketahui,yakni dari kejadian hidup Jon Koplo..
n mungkin artikel ini sangat berguna buat kita yang membaca dan membuat perasaan kita SEDIKIT TERSENTUH n mulai BERTAUBAT untuk memakai SOFTWARE BAJAKAN!!!

Begini ceritanya:

Kemarin di skul gw download Macromedia Flash MX 2004 untuk trial (masa percobaan) 30 hari... Abis itu gw buka google... dan gw tulis : Macromedia Flash MX 2004 serial number...

BOOM........

Daftar ribuan situs ilegal penyedia krack dan serial number muncul. Gw buka krackspider, di dalemnya ada daftar krack, serial number, dan key generator untuk Flash.. Gw download salah satu keygen.

Balik ke rumah, gw instal flashnya (sebelumnya gw uninstal dulu flash yang versi lama yg gw punya). Selesai install, muncul tulisan (kira2 klo diterjemahin gini) :

Software ini hanya untuk percobaan. Anda boleh memakainya selama 30 hari, namun setelah itu anda harus membelinya [klik di sini untuk membeli].

Jika anda sudah membelinya, klik [di sini] untuk memasukan serial number.

Gw buka aja keygen yg tadi gw dapet, muncul deh serial number buat flash.. trus gw masukin dah.. zapppp.... beres.

Registration complete. Thank you for purchasing Macromedia Flash MX 2004

Dapat lagi deh satu software gratis. Enak juga sih kayak gini, software apa aja bisa didapetin gratis.

Tapi tadi terlintas dipikiran gw.... Ms. Windows XP Pro yg gw punya adalah versi bajakan, Ms. Office 2003 juga bajakan, trus Adobe Photoshop, Macromedia Flash, Norton Antivirus, Need For Speed 2, The Sims 2, Soldier of Fortune 2, Linguist (e-kamus), Winzip 9.0 dan masih banyak lagi. Semuanya bajakan. Belum lagi software2 & game yg pernah mampir di komputer gw yg semuanya gw beli dari tempat jualan back-up CD, satu CD harganya 5000 rupiah: Windows 95, 98, 2000, Office 2000, Transtool, Virtual Drive, 3DMax, Crazy Talk, Counter Strike, Command&Conquer, Empire Earth, Doom III, Hitman, Visual Basic 6, The Sims, The Sims Livin' Large, The Sims House Party, The Sims Hot Date, The Sims Vacation, The Sims Superstars, The Sims Makin Magic, The...... AAAAAGGGGHHHHHH!!!!!!!!!!! Ngga kebayang gw mah Tadi gw liat di sebuah website yg ngjual software aseli... harga Macromedia Flash yang originalnya aja 1300 dolar Aussie.... Adobe Photoshop 1800 dollar..... ngga berani ngelanjutin

GILA! Bukan pembuat software yg gila.. tapi nilai software bajakan yg udah gw pake dari dulu... kalo semuanya aseli, digabungin, mungkin total harganya udah melebihi 200 juta kali yah. Dosa ngga yah? Ntar di akherat ditanyain kagak ya Gw yakin, kmu2 yang baca ini juga suka pake bajakan (terutama yg lahir&dibesarkan di Indonesia). Kita semua, warga Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, sudah ditakdirkan untuk menggunakan SOFTWARE BAJAKAN. (gw ga bilang barang bajakan lho, tapi software bajakan, jangan marah ya).

Jadi bingung. Pengen rasanya berhenti make. Tapi apa daya duit gak punya. Menggunakan software bajakan adalah satu2nya cara untuk tetap eksis di dunia binary, setidaknya itu paham yg gw anut selama ini.

Tapi kalo dipikir2 kasian juga para software developer. Tapi.. ah.. ngga juga sih. Kalo software developernya keq si bill gates mah ngga usah dikasihani dong... mereka udah kaya, ngga ngefek kalo dibajak juga. Kekayaannya bisa ngidupin sampe 99 keturunan kali. Lagian, mereka mbuat software kan matok harganya dari orang2 sono juga. Orang sono sih ngga masalah, 1000 dollar bisa didapetin oleh tukang ledeng dalam waktu kurang dari sebulan Tapi buat kita2 orang Indo normal, butuh setengah taon kali yah

Tapi.. kalo gw ngebayangin gw buat software, trus dibajak dimana2.. kalo gw udah kaya sih no problemo lah (da bageur) tapi kalo perusahaan gw masih kecil trus produknya udah banyak dibajak... ntar anak istri mo makan apa Mungkin para developer kecil juga punya perasaan kayak gitu kali yah.. kasihan juga kalo softwarenya dibajak (kalo billgates mah gw ga peduli weee). Ya itu, developer kecil yg perlu dikasihani Ngebuat software itu kan ngga segampang ngebuat telor ceplok. Perlu kerja keras otak. Belum lagi mata bisa rusak gara2 di depan komputer terus. Wajar kalo mereka minta imbalan duit untuk barter dengan software buatan mereka mereka. (komunitas open source ngga masuk itungan)

Intinya... gw mengajak kepada seluruh warga Indonesia, di manapun anda berada, MARI KITA BERUSAHA MENGURANGI PENGGUNAAN SOFTWARE BAJAKAN. Gw ga bermaksud melarang menggunakan Windows atau sebagainya. Silahkan, bahkan MARI, kita gunakan windows bajakan, photoshop bajakan, game bajakan, dll kalo memang kita ngga mampu. Taaapiiii...... (ada tapinya), kalo NANTI (dan mungkin bila naaantiii...) kita udah hidup berkecukupan (ngga usah kaya kaya lah, sebulan gaji 5 juta aja udah cukup), mari kita BERHENTI MENGGUNAKAN SOFTWARE BAJAKAN!!!

(Kalo buat perusahaan2 yang mampu menghasilkan duit jutaan rupiah perbulannya mah ngga perlu dibilangin lagi, mereka emang WAJIB pake software aseli)

Trus ntar gimana dong? Bisa2 nanti kita mengalami cultural shock gara-gara udah biasa pake bajakan trus dipaksa beli original!

Gw ada ide (sebenarnya ide ini agak basi sih, udah sering dibilangin oleh orang lain di koran, majalah, dll). Mulai dari sekarang, mari kita sedikit2 mengurangi software bajakan di komputer kita! Sebagai gantinya, kita cari yang FREEWARE! Inget, freeware kan bukan berarti bajakan, memakai software freeware statusnya sama dengan memakai software original! Mari kita isi komputer kita dengan software original!(apa ngga bangga tuh kalo komputernya isinya original semua?)

Trus... gimana caranya ndapetin software freeware?

Banyak. Bejibun di internet. Ini gw kasih daftarnya (di kumpulkan dari banyak sumber) :

Pertama2, yang paling sering kita pake dulu. Internet Explorer. Software ini karna telah disediakan ketika kita nginstal windows (dan karna windows yg kita beli bajakan) maka Internet Explorernya juga bajakan. Buang. Jangan pake itu lagi (Kita kan mau berusaha mengurangi software bajakan dan mulai menggunakan software original). Ada penggantinya yang lebih bagus dan gratis pula: FIREFOX. Browsing jadi lebih ngebut, coba aja! Tapi masalahnya kalo pake firefox ngeblog jadi ngga maximal (e.g ngga bisa pake smiley). Kalo gitu, pake alternatif laen: maxthon. Browser ini mirip Internet Explorer, tapi jauuuuuuuh lebih kaya fitur. Dipake buat mbuka situs boleh.com juga jauuuuuh lebih cepet (soalna yg gw tau mbuka boleh.com kadang2 lelet).

Kedua, antivirus. Buat yang paranoid takut komputernya kena virus, dari pada nginstall norton dari CD yang dipinjem dari temen (dengan kata lain BAJAKAN, karna minjem), mending download AVG, gratis buat pengguna rumahan (kalo kantoran mah modal dikit napa seh)

Trus buat yang takut kena spyware, bisa pake Ad-Aware (versi standarnya gratis), atau bisa juga pake Microsoft AntiSpyware (akhirnya!!! Microsoft buat software yang gratis!!!)

Buat yang terbiasa pake Outlook (jarang bgt kayanya yah?) dah pada tau kan kalo Mozilla Thunderbird jauh lebih OK.

Udah gitu, yang lebih keren lagih, penggantinya Ms.Office : OpenOffice. Ini program udah mah gratis kualitasnya juga *hampir* nyusul ms.office buatan microsoft. Gw yakin di versi selanjutnya program ini bisa ngalahin ms.office!

Buat ngeZIP, gw yakin 90% dari kalian pake Winzip kan? ngaku aja Jangan gitu dunk.. Itu pan shareware (walaupun kita bisa make SELAMANYA tetep aja ngga fair kalo kita belom bayar). Sebagai alternatif bisa pake IZArc. Selain format zip, program ini juga bisa mbaca format RAR, dll (lebih dari 40 tipe format!) dan yg paling penting, gratis.

Selanjutnya.. buat yg suka download2 dari internet, butuh download manager (biar lebih cepet, aman, dan nyaman). Download Accelerator Plus harganya mahal bgt, banyak sih kracknya, tapi kan ntar ngga seru, misi kita kan MENGURANGI SOFTWARE BAJAKAN di komputer kita. Ok, coba deh Free Download Manager. Dari namanya udah ketauan kalo software ini gratis. Kualitasnya juga ngga kalah ama DAP, bahkan kalau kata gw mah bagusan ini!

Trus,,, punya banyak gambar di komputer? Masih pake AcdSee? Jangan deh.... kasian pembuatnya kalo ngga pada bayar mah Lagian AcdSee makin kesini makin berat programnya, fiturnya makin banyak.... jadi lemot dah kalo pake komputer tua.. Makanya, GANTI! pake PICASA!!! (Kalo yg punya blog di blogspot pasti udah pernah denger software ini). Yup! Picasa ini selain gratis, kualitasnya juga... uwah,,, mantabb!!! Interfacenya juga stylish abis! Ngga percaya? Download dong

Oh iya, ngga lupa buat yg suka ngoprek2 gambar, kalo photoshop kan mahal (A$1800!), cobain pake GIMP. Ngga sebagus photoshop sih, tapi kita2 mah pan bukan master kayak kak arham, jadi mo pake photoshop keq.. GIMP keq.. ngga ngefek ama hasilnya, jelek mah tetep aja jelek(Tapi kalo kitanya kreatif, pake ini juga bisa mantap). Enaknya, GIMP ini 100% gratis!

Phew Cape juga ngetiknya Males ngelanjutin ah... Kalo KLers mo tau daftar program gratis bisa cari di google, tulis aja "download freeware" atau apa lah.. banyak kok situs yang nyediain download buat freeware2, contohna softpedia.com, di sana banyak program gratis dari mulai alat mata2 untuk YM ampe kracker bios.

MMM... Terakhir... sebenarnya gw ga terlalu nyaranin ini, tapi... kalo KLers bisa, BAGUS BANGET. (Statement ini bukan untuk orang2 yg computer freak, tapi buat yg biasa2 aja keq kita) Apa coba? Ganti OPERATING SISTEM! YA! Buang Windows bajakan ke tempat sampah, pake yang gratisan: LINUX. Pasti agak SUSAH buat mindahin seluruh pemakai komputer di Indonesia buat make linux, tapi... yaa.. keq kata gw tadi, kalo ngga mau ya gpp. Lanjutin aja pake windows bajakan, asal ntar klo udah kaya jangan lupa beli yang aseli. Tapi kalo mo nyoba linux, beli deh di toko2 software komputer, pasti murah ini mah, aselinya gratis kok! Kalo mau yang fresh dari "pabriknya" download aja langsung dari LinuxISO.org, gratis, ada macem2 dari mulai linux yang "beginner friendly" ampe yang nyeremin^_^

Huhhhhh........ panjang geuningan... Udah ah.. kita lanjutin misinya yok.. DESTROY THE PIRATED SOFTWARE! MARI PAKE YANG ORIGINAL!!!

Tapi gw sekarang masih tetep punya (n pake) Ms. Windows XP ama Macromedia Flash soalna masih kere
lagian Microsoft ama Macromedia kan perusahaan GEDE. Duitna oge udah banyak.. dibajak oleh semua orang Indonesia juga ga ngaruh
Ups... ga boleh gitu ah! Kan misinya mengurangi bajakan!
Iya mengurangi kan ngga harus menghilangkan sama sekali
Tapi kan tetap kudu berusaha!
Ya udah deh..... ntar kapan-kapan (kapaaaan) gw beli Flash yg original Tapi kapaan

Maap kepanjangan Selamat bagi yang telah membaca ini sampai habis

1 comment:

  1. Perkenalkan nama saya Wolfy pembajak.
    Jika anda ingin software gratis silahkan kunjungi:

    http://id.openoffice.org/
    http://www.bestfreewaredownload.com/

    "KNOWLEGDE FOR ALL!"

    ReplyDelete

Statistik

Traffic Rank :
Counter :  free web counter Counter Powered by  RedCounter
dns failure
Stats :
Total Artikel :
Page Rank